Shoutbox untuk chat  

Posted by Kemauan in

Kali ini saya akan bahas mengenai fasilitas chat atau shoutbox yang bisa kita tambahkan pada blog kita. Masih bingung apa itu shoutbox ? Anda bisa melihat pada blog ini di bagian kolom kanan ada sebuah kolom dengan nama 'Pesan Kilat' , nah seperti itulah shoutbox. Sebuah modul yang gampang nambahnya tapi sangat bermanfaat dan asyik :)

Bagaimana langkah-langkah kita menambahkan fasilitas shoutbox ini ke blog kita ? Ikuti langkah2 berikut :

1. Kita akan menggunakan produk shoutmix, jika anda masih belum mempunyai account disana, silahkan anda buat terlebih dahulu di shoutmix.com

2. Setelah anda buat account , silahkan login dan anda akan melihat menu seperti berikut :

3. Masuklah pada menu Quick Start-> Get Codes, maka tampilan berikutnya akan seperti berikut :

Pada bagian ini anda bisa mengatur layoutnya, berapa besar tampilan shoutbox yang anda mau, dan setelah itu shoutmix akan membuatkan code htmlnya secara otomatis, anda tinggal mengcopy code yang ada pada bagian Generated Codes, sebenarnya andapun bisa berkreasi dengan code tersebut, seperti mengganti warna dsb lewat menu Display (ini ada beberapa menu). Anggap anda sudah puas dengan code standard, copy code tersebut dengan Ctrl-C dan sekarang kita ke Setting Blog anda.

4. Silahkan masuk pada setting Page Element pada menu Layout, jika anda masih kurang jelas anda bisa membaca posting saya tentang setting Page Element

5. Sekarang pilih tempat dibagian mana anda ingin meletakkan shotbox anda. Kemudian pilih Add Page Element, dan pilih element Html / Java Script.

6. Pada bagian Title anda bisa isikan Judul/Header dari shoutbox anda dan bagian isinya isikan dengan code yang tadi anda copy (Ctrl V), jika sudah selesai jangan lupa untuk melakukan save.

7 Atur letak Shoutbox anda dengan drag and drop ke atas ataupun ke bawah dari bagian yang tadi anda tambahkan shoutbox tersebut hingga peletakkan shoutbox benar-benar sesuai dengan kemauan anda. Setelah itu jangan lupa save page layout anda.


Nah, selanjutnya anda tinggal refresh blog anda untuk melihat hasilnya, akan muncul shoutbox chat pada blog anda, menambah semarak blog dan menambah fungsi interaksi anda dengan pengunjung blog anda. Selamat mencoba.

This entry was posted on Thursday, March 27, 2008 at Thursday, March 27, 2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment