Membuat Blog Statistic  

Posted by Kemauan in

Kali ini kita akan coba untuk membuat Blog Statistic, dimana nantinya akan sangat berguna bagi kita untuk melihat statistic blog kita, seperti berapa pengunjung blog, artikel apa yang sering di klik pengunjung dsb.
Kita akan memanfaatkan fasilitas gratisan dari sitemeter. Silahkan anda mendaftar dulu pada sitenya di sitemeter.com seperti pada gambar


Anda akan dibawa ke sebuah page seperti berikut :



Isi item-item yang diperlukan kemudian klik Next




Isi lagi dan klik Next lagi



Pastikan data yang ada benar kemudian klik Next dan anda akan dibuatkan account.
Setelah itu dan berikutnya juga anda bisa login ke account anda untuk melihat statistic blog anda.





Nah kan terlihat kalo average per daynya cuma 0 artinya sangat jarang yang berkunjung ke blog ini, soale masih baru rek :) tenang aja nanti kan jadi terkenal hehehe percaya diri kan boleh gak sombong kok :) ini juga buktinya bahwa saya mengajak belajar bersama, jadi blog ini benar-benar baru dan didesign dari awal, jadi kalau anda ikuti terus maka saat blog ini terkenal, blog anda juga bisa terkenal (bisa begitu gak ya ? :) who knows)

Ok Sekarang kita coba akan memasukkan kode Statistic di Blog kita sehingga blog kita bisa dimonitor statisticnya. Ikuti langkah2 berikut :

1. Saat login anda akan melihat menu ini : (klik Manager)


2. Anda akan melihat bagian seperti ini :


Pada bagian Adding Site Meter klik 'instructions' maka anda akan dibawa kesini :





Setelah itu klik 'Adding Site Meter to a Blogger.com site' maka anda akan langsung mendapat kode javascriptnya seperti ini :





Copy kode tersebut dan masuk ke setting blog anda pada bagian page element. Tambahkan page element javascript pada bagian yang anda mau dan copykan kode tersebut. Jangan lupa Save, maka sekerang jika anda refresh Blog anda, anda akan melihat ada lambang Sitemeter disana untuk statistic anda.
Lambang sitemeter ini bisa dicustom, caranya saat anda tadi klik menu manager di bagian customizing your account (lihat gambar diatas), klik 'style' maka anda akan bisa memilih style lambang tersebut seperti ini :




anda juga bisa mengganti angka counternya langsung jadi 3.000.000 pengunjung misalnya, biar kelihatan rame banget, padahal asline sepiiii hehehe, ya coba-coba sendiri deh.

Nah sekarang anda sudah punya statistic, kapanpun anda mau anda bisa melihat statistic blog anda dengan login ke sitemeter, pada bagian kiri itu ada banyak menu kan (lihat gambar diatas), nah anda bisa lihat recent visitornya itu by detail, by location dsb atau juga lihat statistic visitnya, pageviewnya, dan juga page rangking dari blog anda. Mantap kan ? Sudah jangan bengong aja langsung buat, ikuti langkah-langkah diatas ... ok tunggu artikel yang lain lagi ya ..

This entry was posted on Saturday, April 12, 2008 at Saturday, April 12, 2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

8 comments

thanks, banyak ilmu baru yang kudapatkan membaca cara setting blog.
Tolong nanya Jenry, bagaimana menyetting tampilan kanan blog bisa menjadi 2 baris?
juga bagaimana menampilkan tulisan kita di hal depan blog kita satu alinea aja, jadi kagak usah semua?
thanks ya.

May 9, 2008 at 11:08 AM
Anonymous  

Senang mendengar blog ini bisa membantu para pembacanya :), untuk masalah sidebar, itu sudah dari templatenya, menjelaskannya susah jadi mending cari aja template jadian yang free banyak kok :) coba baca article saya yang ini Menginstall template anda sendiri atau bisa di klik dari bagian tutorial blog, setting blog(2).
Terus untuk yang yang menampilkan posting 1 alinea saja itu, coba nanti tak buatkan artikel tentang itu ya, sabar ... tunggu deh, orang sabar itu kekasih Tuhan lho :)

May 9, 2008 at 1:11 PM

Hai, thanks...
this help me out so well

November 27, 2008 at 11:29 AM
Anonymous  

Makasih ya atas bagi infonya. Trims. Salma Fauziah Rahmah http://perpustakaanumum.blogspot.com

December 11, 2008 at 12:30 PM

@simpleline: hi you're always welcome :) glad to see this blog can help others.
@Salma: hi Salma, sama2, ilmu itu sebaiknya utk dibagikan dan diamalkan kan :)

December 12, 2008 at 9:58 AM
Anonymous  

thanks yach. CUkup membantu bagi sy yg baru terjun ke dunia blog.

December 26, 2008 at 2:44 AM
Anonymous  

good

February 7, 2009 at 7:42 PM
Anonymous  

Hmm..bos, kalo di WP ini bisa dipasang juga ga?

September 7, 2009 at 10:23 PM

Post a Comment