Membuat Recent Visitor  

Posted by Kemauan in

Pengen buat Widget Recent Visitors ? Dengan widget ini kita bisa melihat siapa saja yang masuk ke website kita, siapa saja membaca artikel-artikel kita dan melihat tampang mereka jika mereka mempunyai tampang yang ditampilkan :)

Ok langsung aja caranya sangat mudah, ikuti langkah2 berikut :

1. Buat account di Mybloglog http://www.mybloglog.com/buzz/join/




2. Jika telah selesai maka account anda akan tercreate dan anda akan melihat page dibawah ini, langsung aja klik 'take me to my profile'



3. Begitu anda masuk pada halaman member anda, anda akan melihat menu di sebelah kiri seperti di bawah ini, langkah pertamanya anda harus menambahkan blog site anda ke account anda, untuk itu klik 'CLICK HERE' untuk menambah blog site anda.




4. Masukkan item-item yang diperlukan, setelah selesai klik Add Blog



5. Setelah itu anda akan diminta untuk memilih blog platform, pilih aja Blogger / Blogspot




6. Jika telah selesai maka anda akan mendapat sebuah kode javascript. Kode ini dipakai oleh Mybloglog untuk proses verifikasi, bahwa memang andalah pemilik website atau blog tersebut.
Caranya copy Script tersebut ke template anda. Jikalau anda masih belum tau apa itu template dan dimana membukanya untuk menambah kode javascript ini, maka anda bisa membacanya di artikel saya mengenai cara edit html dari template kita. Copy kan kode javascript tersebut setelah tag body.



7. Jika sudah selesai, coba sekarang anda lihat pada menu My Home, disebelah kiri akan tertampil blog anda yang tadi anda tambahkan. Klik menu Widget, untuk menambah widget Recent Visitors.




8. Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini, sekarang anda tinggal mengedit layoutnya sesuai yang anda maui, seperti, Stylenya, Colournya, Width nya, Jumlah Row-nya. Jika semua sudah sesuai kemauan anda, maka pindah ke Area Kode, anda akan mendapatkan kode javascript. Selanjuntnya kode ini harus anda copykan di daerah dimana anda ingin menaruh di blog anda, kalau di blog ini saya letakkan di kolom tengah. Bagi anda yang masih belum mengerti cara meletakkan kode, silahkan baca artikel saya mengenai Page Element




Demikianlah cara membuat Widget Recent Visitors, semoga bermanfaat bagi anda.

This entry was posted on Saturday, April 5, 2008 at Saturday, April 05, 2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment